Tugas Seorang Aktor

 Apa tugas aktor?  Tiap aktor/aktris dalam membawakan perannya harus mengetahui motivasi perbuatannya yaitu segala sesuatu yang menimbulkan akibat dari perbuatan dan tujuan dari perbuatannya. Perlu diperhatikan bagaimana cara-cara seorang aktor “menyatukan” diri dengan pribadi tokoh yang hendak ia perankan. “Kondisi batin” yang diciptakan inilah yang kemudian akan menghasilkan permainan yang kreatif, permainan yang tidak lahir dari klise-klise tapi dari dorongan motivasi-motivasi yang hidup dan wajar. Dan bagaimana seorang aktor dapat mengkomunikasikan “penghayatannya” ini pada penonton melalui tubuh dan suaranya.

Akting adalah wilayah abstrak sekaligus konkret. Abstrak ketika instruksi pencariannya disampaikan sutradara pada aktor. Kata dan kalimat sutradara selalu membutuhkan kecerdasan dan daya imajinasi aktor untuk memahaminya. Konkret ketika instruksi tersebut dilakukan melalui gerak-gerik tubuh. Pada saat tubuh bergerak dan vokal aktor membentuk makna instruksi maka saat itulah akting menjadi dunia riil.

 Pada prinsipnya aktor harus memiliki kondisi fisik yang prima, fleksibel, aktor harus mampu mengobservasi kehidupan, aktor harus menguasai kekuatan psikisnya, aktor harus mengetahui dan memahami tentang naskah lakon, aktor harus berkonsentrasi pada imajinasi, suasana, dan intensitas panggung,dan aktor harus bersedia bekerja secara terus menerus serta serius mendalami pelatihan demi kesempurnaan diri dan penampilan perannya. Stanislavsky menitik beratkan pada masalah tubuh dan pikiran aktor, untuk mewadahi psikologis aktor dan karakter naskah. Stanislavsky berpendapat bahwa otentisitas keaktoran terletak pada pada kemampuannya secara sadar menciptakan kondisi (seandainya). Dalam pengandaian ini aktor diharapkan mampu menjelajahi kondisi psikisnya secara mimetik. Hal ini merupakan penjelajahan bawah sadar. Penjelajahan bawah sadar menjadi cara memahami bahasa subtext, yaitu retorika non-verbal yang terbentuk melalui penampilan yang asli atau otentik. Subtext dalam metode stanislavsky berbeda dengan pemahaman subtext yang biasa. Dalam metode stanislavsky mampu menampilkan makna yang letaknya tesembunyi dalam komunikasi panggung. Pencarian masa lalu yang dipertentangkan terus-menerus di atas panggung ketika berhadapan dengan penonton adalah bentuk pertunjukan seorang aktor untuk mencipta dan mencipta kembali perannya secara simultan.



. Inilah Tugas Seorang Aktor .
Tugas Seorang Aktor .





0 comments

Plafon PVC Omasae adalah PILIHAN TEPAT



Contact


cp: Afandi
Phone: (+62)81233336118
mail: cs@omasae.com
Alamat :
Jalan Simping 46, Blurukidul
Sidoarjo, Jawa-Timur, Indonesia 61233



OMASAE :
Plafon PVC Custom dan Desain Interior
Jl. Simping 46, Sidoarjo
Melayani kebutuhan perabot rumah Anda dengan sepenuh hati

+ Jasa Pasang KANOPI Premium, Plafon PVC + Tukang Kanopi Berpengalaman


--