Tahap Praproduksi:
- Menganalisa skenario dan membahasnya bersama sutradara dan penata Artistik agar mencapai kesesuaian penafsiran untuk mewujudkan gagasan penulis skenario dan sutradara dalam bentuk nyata, dengan menciptakan konsep look dan mood yang disepakati bersama untuk menunjang penceritaan.
- Bersama sutradara dan penata artistik menetapkan lokasi shooting hasil dari tim hunting lokasi.
- Bersama sutradara, penata artistik dan departemen produksi, mengecek dan melihat ulang hasil hunting (interior/eksterior). Merencanakan letak kamera dan pencahayaan di lokasi. Kemudian membuat floorplan.
- Membentuk, memilih/menentukan teamwork yang dianggap memenuhi persyaratan.
- Menjabarkan konsep visual dalam pencapaian look dan mood (mencakup warna, pencahayaan, karakter visual, komposisi yang juga menghasilkan gerak) lebih baik dengan referensi foto/gambar yang selanjutnya didiskusikan dengan personil kamera dan pendukungnya.
- Menentukan kebutuhan dan menjamin semua peralatan dengan spesifikasi sesuai dengan desain visual. Kemudian mengkoordinasikan tugas personil kamera dan pendukungnya untuk menyiapkan dan memilih serta menentukan sarana peralatan dan bahan Baku yang diperlukan dalam menjalankan tugasnya (membuat breakdown kebutuhan alat sesuai dengan desain floorplan).
- Melakukan uji coba peralatan dan bahan baku dengan uji coba filter, make up, kostum, properti dan warna set.
- Ikut menentukan laboratorium/studio pascaproduksi (film).
- Mempelajari breakdown script dan shooting script dimana seorang DOP dapat mengembangkan checklist di setiap harinya dan merencanakan berapa set up per harinya. Dalam setiap set up DOP harus memperhatikan lingkungan dan masalah pencahayaan. Contohnya, jika shooting eksterior, penjadwalan menjadi penting berkaitan dengan pergerakan matahari. Catatan penting: jika masuk set jangan lupa dengan block, light, rehearsal, shot.
- Memberikan pengarahan tegas kepada personil kamera sesuai dengan design yang sudah dibuat.
- Mengawasi set lampu dan waspada terhadap kontiniti. Mengarahkan dan menjaga kesinambungan suasana (atmosfer) dan Format visual serta tata cahaya dari setiap shot. Menuntun dan mengembangkan teknis kreatif pencahayaan sebagai gaya dan perubahan peralatan untuk menerangi area aksi/subyek visual untuk menentukan eksposur yang tepat.
- Pada saat sutradara mengarahkan aktornya, DOP menyiapkan sudut pengambilan gambar, komposisi sesuai dengan blocking sutradara.
- Siap menghadapi perubahan karena situasi tertentu di luar rencana (perubahan cuaca, lingkungan set yang berubah).
- Memeriksa laporan kamera (camera report) dan continuity lighting log.
- Memberikan petunjuk kepada pihak laboratorium/studio pasca produksi (film) mengenai processing negative (pencucian dengan bahan kimia) dan pencetakan rush copy/release copy (color grading).
- Selalu mengingatkan tanggung jawab keselamatan personil dan seluruh sarana peralatan dan bahan baku yang dipergunakan dalam produksi.
- Ikut serta memeriksa hasil release copy untuk koreksi kualitas.
- Kebutuhan seorang DOP terhadap kontrol akhir melalui color-timing.
- Mendapatkan jumlah dan kualitas awak/kru produksi, sarana peralatan kerja dan bahan baku sesuai dengan desain produksi, serta memenuhi standar mutu.
- Memberikan persetujuan; sarana teknis yang akan digunakan, penetapan hasil-hasil shooting yang baik, memberikan persetujuan atas kualitas hasil cetakan release copy.
- Memberikan usul kreatif baik teknis, artistik, dan dramatik kepada sutradara dalam hal perekaman visual untuk mendapatkan hasil yang baik.
- Membuat catatan SUP (shot under protest) bila terpaksa merekam visual yang tidak disetujui.
- Jika ada perubahan yang mendasar dari konsep awal look film, sinematografer berhak diberitahu sebelumnya.